Cara membuat Event atau Kegiatan
Ingin membuat kegiatan tapi bingung mulainya darimana?
Sebenarnya ada materi dari Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi mengenai LKMM
TD yang hanya didapatkan di beberapa kampus. Berhubung admin sudah mahasiswa,
Admin pernah mengikuti pelatihan ini. Tidak hafal banget sih, LKMM TD (Latihan
Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) sebenarnya adalah salah satu
dari tingkatan LKMM yaitu Pra TD, TD, TM(Tingkat Menengah) dan TL(Tingkat
Lanjut). LKMM TD ini membahas tentang bagaimana cara memanajemen suatu kegiatan
(Management Event). Apasih bedanya EO dan ME?
Perbedaan Event Organizer dan Event Management
EO adalah sebuah kegiatan untuk mengatur jalannya kegiatan
mulai dari pra sampai hari – h, sedangkan ME adalah kegiatan memanajemen suatu
kegiatan mulai dari manfaat, urgensitas secara mendetil dan termanajemen.
Jadi EO hanya membuat Event dengan output Event Berjalan
sukses sedangkan ME membuat Event dengan output yang diinginkan bisa berupa
capaian peserta atau tingkat kepuasan peserta.
Sayangnya ME sendiri bukan merupakan profesi seperti EO
karena ME bertujuan untuk mendapatkan efek ketimbang mensukseskan suatu
kegiatan. Mungkin bisa dibilang jika EO berorientasi kepada hasil dimana jika
hasilnya bagus maka bisa dikatakan prosesnya bagus, sedangkan ME berorientasi
kepada Proses dimana kepercayaan bahwah proses yang baik akan menjadikan hasil
yang baik.
Saya sedikit lupa tentang materi apa saja yang saya dapatkan
saat LKMM. Saya akan ulas yang saya ingat saja.
- TUK (Tolok Ukur Keberhasilan)
- PJK (Perencanaan Jadwal Kerja)
- Pembuatan Proposal
- Perencanaan Anggaran & Administrasi
- Penyusunan Jadwal Kegiatan
- SC(Steering Comitte) OC(Organizer Commite) IC(Implementation Commite)
- Public Speaking
- Pembagian Kepanitian
Komentar
Posting Komentar